Yamaha Jupiter MX King kuasai penjualan Bebek Sport 150 cc bulan Juni 2017, Honda Supra GTR150 ada sedikit peningkatan

Motorbloginfo.wordpress.com – Apakabar Readers MBI semua. Langsung saja ke persaingan distribusi / penjualan bebek Sport 150 cc yang sangat ditunggu-tunggu para fans boy dari masing-masing kubu. Di segment ini ada empat sepeda motor yang mewakili tiga pabrik roda dua di tanah air yaitu Yamaha Jupiter MX King 150, Honda Sonic 150R, Suzuki Satria F150 FI, dan Honda Supra GTR150. Kehadiran Yamaha Nmax 155, Yamaha Aerox 155, dan Honda Vario 150 eSP ternyata membuat penjualan bebek sport semakin menurun. Meski makin hari eksistensi (keberadaan) type sepeda motor tersebut makin sepi peminatnya namun persaingan di antara perusahaan tersebut masih berlanjut. Buktinya masih diproduksi karena untuk memenuhi permintaan sebagai motor balap di  arena balap lokal terutama untuk kelas Underbone.

Dengan rata-rata penjualannya hanya sekitar 9.700 unit (berdasarkan data) maka wajarlah terjadi shifting demand (pertukaran permintaan) dari bebek sport ke maxi scooter matic yang setara kapasitas isi mesinnya namun punya sisi kegunaan dan akomodasi lebih banyak. Bukan rahasia lagi sepeda motor bebek sport punya beberapa kelemahan yang hampir setara dengan type Sport motor laki-laki yaitu :

  1. Minim atau hampir tidak ada bagasi. Bahkan untuk menyimpan jas hujan saja tak disediakan tempatnya. Yang ada hanya untuk menyimpan tool kit.
  2. Kapasitas isi tangki bensin setara sepeda motor bebek konvensional (mesin dengan kepala silinder selonjoran/horizontal) alias rata-rata 4 liter. Matic scooter saja sudah ada yang 5 – 6 liter kapasitas isi tangki bensinnya. Sedangkan type Sport motor laki-laki punya tangki berkapasitas minimum 11 liter bensin.
  3. Beda dengan bebek konvensional yang tidak menggunakan kopling (clutch) maka untuk type bebek sport harus mengaplikasikan kopling manual sehingga kurang praktis bagi pengendara kaum hawa. Karena pada dasarnya sepeda motor ini hanya untuk kaum adam dan lebih mengutamakan performa.
  4. Konstruksi kepala silinder mesin yang tegak mengakibatkan posisi air filter box harus diletakkan di bawak jok sehingga tidak mungkin ada bagasi hanya sekedar untuk menyimpan jas hujan. Selain itu harus berbagi tempat dengan tangki bahan bakar.

Tak perlu panjang lebar lagi soal kelemahan sepeda motor bebek sport, berikut data penjualannya selama bulan Januari sampai Juni (semester pertama) tahun 2017 :

No. Bulan Yamaha Jupiter MX King 150 Honda Sonic 150R Suzuki Satria F150 FI Honda Supra GTR150 Jumlah
1. Jan 2017 5.149 unit 2.525 unit 991 unit 517 unit 9.182 unit
2. Feb 2017 6.414 unit 5.000 unit 918 unit 603 unit 12.935 unit
3. Mar 2017 4.361 unit 3.438 unit 916 unit 110 unit 8.825 unit
4. Apr 2017 4.147 unit 1.381 unit 1.757 unit 503 unit 7.788 unit
5. May 2017 5.621 unit 172 unit 2.148 unit 2.243 unit 10.184 unit
6. Jun 2017 4.968 unit 2.192 unit 836 unit 1.845 unit 9.841 unit
Jumlah 30.660 unit 14.708 unit 7.566 unit 5.821 unit 58.755

Di bawah ini adalah Market Share Penjualan Bebek Sport 150 cc selama bulan Januari sampai Juni 2017 :

No. Nama Sepeda Motor Jumlah Semester I 2017 Persentase Market
1. Yamaha Jupiter MX King 150 30.660 unit 52,18%
2. Honda Sonic 150R 14.708 unit 25,03%
3. Suzuki Satria F150 FI 7.566 unit 12,88%
4. Honda Supra GTR150 5.821 unit 9,91%

Tampak Yamaha Jupiter MX King 150 sangat mendominasi di segment bebek sport 150 cc sejak bulan Januari sampai Juni 2017 dengan penguasaan market share 52,18% atau jumlah yang terjual sebesar 30.660 unit. Membuntuti di posisi ke-2 ada salah satu produk PT. AHM di kelas bebek sport 150 cc yaitu Honda Sonic 150R yang hanya mampu terjual tidak sampai separuh dari penjualan Yamaha Jupiter MX King 150 yakni sebanyak 14.708 unit atau 25,03% saja. Berikutnya di urutan ke-3 ada produk dari PT. SIS yang dulu pernah jadi satu-satunya backbone Suzuki Indonesia yaitu Suzuki Satria F150 FI yang berhasil terjual 7.566 unit atau 12,88%. Dan sang pendatang baru di segment bebek sport 150 cc yang juga salah satu andalan PT. AHM yaitu Honda Supra GTR150, hanya bisa terjual 5.821 unit atau 9,91% saja sekaligus menempati posisi terakhir.

Hal yang wajar Yamaha Jupiter MX King 150 menjadi penguasa dalam penjualan bebek sport 150 cc di tanah air sejak diluncurkan awal tahun 2015 karena :

  • Model dan desainnya paling keren, cocok untuk anak-anak muda yang gaul dan aktif.
  • Posisi duduk/ergonomy paling pas dan santai dalam berkendara di jalan raya.
  • Performa mesin yang mumpuni baik di jalan raya maupun arena balap road race karena memiliki kesamaan dengan mesin yang dipakai pada Yamaha Vixion.
  • Chasis atau rangka bertype backbone yang ringan serta penggunaan ukuran tapak ban depan lebih sempit membuat manuver menikung lebih lincah.
  • Harga yang masih bisa digolongkan terjangkau dibandingkan dengan yang lainnya yakni Rp.21.000.000,- On The Road Jakarta.

Berikut ini warna-warna terbaru untuk Yamaha Jupiter MX King 150 :

Yamaha Jupiter MX KING 150 MY 2017 warna Abu-Abu Doff Matte Grey

Yamaha Jupiter MX KING 150 MY 2017 warna Hitam Doff Matte Black

Yamaha Jupiter MX KING 150 MY 2017 warna Merah Doff Matte Red

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX KING 150 :

Mesin

Type Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi Silinder Single cylinder / Tegak
Diameter x Langkah 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi 10,4 : 1
Daya Maksimum 11,3 kw ( 15,15 hp ) / 8500 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm / 7000 rpm
System Starter Elektrik starter & Kick starter
System Pelumasan Basah
System Bahan Bakar Fuel Injection
Type Kopling Basah, Kopling manual , Multiplat
Type Transmisi Constant mesh, 5-kecepatan
Kapasitas Oli Mesin Total = 1,15 L ; Berkala = 0,95 L ; Ganti filter oli = 1,00 L

 

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi 1970mm X 670mm X 1080mm
Wheel Base 1290mm
Ground Clearence 135mm
Seat Height 780mm
Berat isi 116 kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L

Rangka

Type Rangka Backbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm Monoshock
Ban Depan 70/90-17M/C (38P)
Ban Belakang 120/70-17M/C (58P)
Rem Depan Single disc brake
Rem Belakang Single disc brake

Kelistrikan

System Pengapian TCI
Baterai GTZ4V / YTZ4V
Type Busi NGK/CR8E

Di bawah ini adalah yang menjadi penantang Yamaha Jupiter MX KING 150 di kelas bebek sport 150 cc :

Honda Sonic 150R dengan penjualan di bulan Juni 2017 sebesar 2.192 unit.

Suzuki Satria F150 FI dengan penjualan di bulan Juni 2017 sebesar 836 unit.

Honda Supra GTR150 dengan penjualan di bulan Juni 2017 sebesar 1.845 unit

Read more another post :


Last but not least…, bagaimana dengan pendapat Readers MBI semua apakah setuju dengan kenyataan bahwa penjualan sepeda motor bebek sport 150 cc semakin minim peminat karena terjadi shifting demand (pertukaran permintaan) dengan kehadiran Maxi Scooter Matic dan Sport Scooter Matic di kelas yang sama? Silakan berikan komentar positif dibawah ini. Jangan sampai ribut ya… Finally whatever you buy, it’s your choice. But you should consider every you want to buy depending on your necessary.

Informasi dan data bersumber dari Kompas.com dan kang Asep.

Note :

  • Apapun pilihan anda semua tergantung pada kebutuhan dan kemampuan financial masing-masing individu.
  • Pembaca yang bijak tentunya diharapkan dapat meninggalkan jejak berupa komentar dan saran yang positif. Namun dengan catatan alamat email harus yang asli. Jangan lupa ya… dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam dari kota kecil. See you in the next article.

Written and edited by Dwi Wendy

Baca juga artikel-artikel lainnya :

Sudi para Reader untuk mampir dan bersilaturahmi via :

Advertisements

3 thoughts on “Yamaha Jupiter MX King kuasai penjualan Bebek Sport 150 cc bulan Juni 2017, Honda Supra GTR150 ada sedikit peningkatan

  1. Sudah seharusnya Supra GTR150 difacelift lagi. Susah dipertahankan kalau masih mengandalkan harga promo. Ganti dengan model yg lebih RACY. Kalau perlu pakai cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Betul nggak gan?…

    Like

  2. Shifting demand ke skutik di kelas dan harga yg sama nggak bisa dihindari lagi. Naik skutik bukan lagi hanya cocok utk cewek bahkan cowok pun cukup pantas mengendarainya. Faktor kemudahan berkendara, fungsionalitas, dan akomodasi yg lebih baik menjadikan skutik jadi pilihan pertama dlm membeli sebuah motor.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s