Polres Tuban memasang rambu mobil patroli Polisi palsu untuk mengurangi angka kecelakaan

Motorbloginfo.wordpress.com – Apakabar Readers MBI semua. Kita berjumpa lagi dengan artikel yang ringan saja. Kali ini berkaitan dengan lalu lintas jalan raya. Seperti kita ketahui kecelakaan karena aksi speeding (ngebut) di jalan raya masih saja terus terjadi. Kesadaran dan kedisiplinan dalam berlalu lintas yang masih rendah dan keinginan untuk melaju lebih cepat agar segera sampai di tempat tujuan tanpa menghiraukan rambu-rambu lalu lintas menjadi pemicu (trigger) terjadinya sejumlah kecelakaan di jalan raya baik kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan penggunaan jalan yang lain. Kondisi kendaraan yang nggak layak jalan, rambu-rambu lalu lintas yang jumlahnya terbatas dan kurang jelas, kondisi jalan yang rusak maupun mulus, serta kondisi penerangan jalan di malam hari yang kurang terang juga sering jadi penyebab kecelakaan di jalan raya.

Nah, untuk mengantisipasi dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya agar nggak semakin banyak maka Polres Tuban membuat suatu ide cemerlang dengan memasang rambu mobil patrol Polisi palsu pada kedua titik yang rawan kecelakaan yaitu di kecamatan Jenu (wilayah Barat Kabupaten Tuban) dan kecamatan Widang (wilayah Selatan Kabupaten Tuban). Yang di wilayah Barat adalah jalur luar kota menuju kabupaten Rembang, sedangkan yang di wilayah Selatan adalah jalur luar kota menuju Babat, Lamongan. Pemasangan rambu mobil patroli Polisi palsu ini sudah menjadi viral di berbagai media sosial bahkan telah menjadi berita di televisi swasta nasional. Bagi yang ingin menyimak videonya silakan saksikan di bawah ini :


Bila nggak bisa di play silakan klik videonya disini.

Sebenarnya MBI sudah melihatnya jauh hari sebelum menjadi viral di media sosial dan berita di TV saat jalan-jalan menuju kecamatan Jenu. Saat melintasi jalan raya luar kota tersebut MBI dikejutkan oleh penampakan sebuah mobil patroli Polisi yang parkir di luar jalan raya di antara semak-semak dengan arah lurus menghadap ke depan. Sontak, sebagai pengguna jalan raya yang sering melihat Polisi di tepi jalan baik yang menggunakan mobil atau motor tentu saja langsung mengurangi kecepatan secara tiba-tiba. Ada apa ini? Apa memang ada razia Polisi di hari itu? Wajarlah secara reflex pasti akan mengurangi kecepatan, daripada Polisi tersebut secara tiba-tiba menghentikan kita. Ternyata setelah dilewati hanyalah sebuah selembar papan triplek yang disangga oleh rangka kayu dan di salah satu sisinya ditempel gambar sebuah mobil patroli Polisi. MBI rasa bagi yang belum pernah melewati jalan raya tersebut pasti akan terkejut melihatnya dan langsung mengurangi kecepatan kendaraannya. Sayangnya saat itu MBI nggak membawa smartphone, jadi nggak bisa mengabadikannya. Baru hari kemarin (02/08/2017) MBI menyempatkan diri untuk kesana dan memotretnya untuk keperluan membuat artikel ini.

Seperti yang dilansir dari Detik.com bahwa :

Aksi ini menjadi viral di media sosial. Lalu dari mana ide mobil palsu itu berasal? Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad mengatakan awalnya di kawasan tersebut akan dipasang banner imbauan. Tetapi Fadly merasa bahwa pemasangan banner sudah terlalu sering dan terlalu umum.

“Kemudian saya ada ide membuat model yang menyerupai mobil polisi beneran. Dengan melihat mobil polisi, maka pengguna jalan serasa akan melihat polisi dan akan melambatkan kendaraannya,” kata Kapolres kepada Detik.com saat dihubungi, Selasa (25/7/2017).

Mobil patroli berwarna putih tersebut memang dibuat dengan skala 1:1 atau persis sama dengan ukuran sebenarnya. Peletakan mobil palsu itupun disesuaikan dengan angle atau sudut pandang pengguna jalan sehingga akan terlihat bahwa itu adalah mobil Polisi betulan.

Last but not least…, MBI sebagai warga kabupaten Tuban sangat setuju dengan ide dari Polres Tuban dengan memasang rambu mobil patroli Polisi palsu ini agar para pengguna jalan raya bisa kaget dan terkecoh saat melihatnya diletakkan di semak-semak sehingga diharapkan bisa menekan angka kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara mobil atau motor yang ugal-ugalan sambil ngebut (speeding). Hanya saja setelah menjadi viral di media sosial dan berita di TV mungkin sebagian pengguna jalan raya tersebut jadi nggak aneh dan terkejut lagi. Tapi setidaknya usaha dari Polres Tuban ini patut kita hargai.

Note : Pembaca yang bijak tentunya diharapkan dapat meninggalkan jejak berupa komentar dan saran yang positif. Jangan lupa ya… dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam dari kota kecil. See you in the next article.

Related articles with Serba-serbi :

Related articles with Yamaha :

Related articles with Honda :

Related articles with Suzuki :

Related articles with Kawasaki :

Related articles with Data AISI :

Related articles with Sejarah Motor :

Related articles with News and Info :

Sudi para Reader untuk mampir dan bersilaturahmi via :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s