Rangkuman Informasi Jelang seri ke-10 MotoGP Rep. Ceko 2017

Motorbloginfo.wordpress.com – Apakabar Readers MBI semua. Akhir pekan ini tanggal 6 Agustus 2017 akan diselenggarakan seri ke-10 MotoGP 2017 di sirkuit Brno Republik Ceko. Informasi atau berita apa saja yang bisa digali jelang balap motor Grand Prix tersebut setelah libur summer break selama 5 pekan. Let’s check it out…

Jelang Paruh Kedua, Ini Statistik Sembilan Balapan Awal MotoGP 2017

MotoGP 2017 akan memasuki paruh kedua musim, setelah sebelumnya melewati sembilan balapan di paruh pertama. Berikut statistiknya sejauh ini.
MotoGP musim ini akan kembali bergulir di akhir pekan dalam perhelatan MotoGP Republik Ceko di Brno. Itu merupakan seri ke-10 dari total 18 seri balapan musim ini.
Dari balapan-balapan di paruh musim awal, persaingan sengit hadir. Walhasil lima pebalap teratas cuma terpaut 26 poin saja. Berikut statistik dari kesembilan balapan pada paruh pertama musim itu, seperti dilansir MotoGP.com.

1. Marc Marquez (Repsol Honda) memuncaki klasemen sementara usai memenangi balapan di Jerman. Kemenangan itu membuatnya sudah naik di podium selama tiga balapan beruntun atau lebih untuk kali pertama semenjak terakhir melakukannya di Mugello, Catalunya, Assen, dan Sachsenring tahun lalu.
2. Rider Movistar Yamaha Maverick Vinales mempertahankan posisi keduanya di klasemen berkat finis keempat di Jerman. Ia pun menjaga keberhasilannya berada di posisi satu atau kedua papan klasemen setelah setiap balapan di 2017 sejauh ini.
Andrea Dovizioso (Ducati) tidak kuasa mempertahankan puncak klasemen setelah finis kedelapan di Jerman, tapi 123 poin miliknya merupakan yang tertinggi dari seorang rider Ducati pada sembilan balapan awal musim semenjak Casey Stoner membuat 148 poin pada fase yang sama di musim 2009.
3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) akan menjalani balapan grand prix ke-22 secara beruntun di Brno akhir pekan ini. Itu juga bakal menjadi sirkuit keduanya, setelah Jerez, yang ia jalani dalam balapan setiap tahunnya dalam karier Rossi di grand prix. Ada tiga sirkuit lain (Mugello, Catalunya, Assen) yang rutin hadir selama karier balap Rossi, tapi seluruhnya merupakan sirkuit tempatnya tidak bisa start menyusul kecelakaan dalam latihan di MotoGP Italia tahun 2010.
4. Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3) finis kedua di Jerman. Itu merupakan finis podium kedua oleh seorang rider Jerman di MotoGP semenjak menggantikan kelas 500cc pada 2002; momen lain adalah finis kedua Stefan Bradl di Laguna Seca pada 2013. Baru kali ini lagi pula seorang rider Jerman naik podium di kelas primer di Sachsenring semenjak finis ketiga Ernst Hiller di atas motor Kawasaki pada balapan 500cc tahun 1971.
5. Dengan finis keduanya di Sachsenring, Folger kini cuma terpaut 13 poin di belakang Johann Zarco, rekan setimnya, dalam pertarungan rookie teratas MotoGP 2017. Salah satu dari rider tim Tech3 nyaris selalu menjadi rookie teratas sejauh ini, dengan satu-satunya pengecualian adalah di balapan pembuka musim, saat Zarco crash saat memimpin dan Folger di posisi ke-10 — Alex Rins saat itu memimpin klasemen rookie usai balapan perdana dengan finis ke-9.
6. Di MotoGP Jerman, Folger menjadi rider keempat Yamaha yang naik podium di kelas primer musim ini. Satu-satunya momen lain di era MotoGP ketika Yamaha punya empat rider berbeda yang naik podium pada sebuah musim adalah pada 2012 ketika rider tim pabrikan Jorge Lorenzo, rider Tech3 Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow semuanya finis di zona podium, bersama dengan Katsuyuki Nakasuga – yang finis kedua di Valencia ketika menggantikan Ben Spies.
7. Dani Pedrosa (Repsol Honda) finis ketiga di Sachsenring. Itu merupakan kali ke-149 ia naik podium dalam kariernya di grand prix. Satu lagi finis tiga besar akan membuatnya menjadi rider ketiga dalam sejarah balap motor grand prix, yang punya koleksi 150 podium, setelah Giacomo Agostini (159 podium) dan Valentino Rossi (225).
8. Pol Espargaro (Red Bull KTM) finis ke-13 di Jerman, tapi cuma terpaut 32,179 detik dari Marquez yang jadi pemenang. Itu menjadi rentang jarak paling dekat dari seorang rider KTM kepada rider pemenang seri balapan, dalam musim perdana pabrikan Austria itu di MotoGP.
9. Di MotoGP Jerman, Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing) menjadi rider Tim Independen Ducati pertama yang bisa start di baris terdepan selama tiga balapan MotoGP beruntun. Semenjak Cal Crutchlow dengan Yamaha pada 2013, baru kali itu pula ada rider Tim Independen yang bisa mengawali balapan di posisi terdepan selama tiga kali berturut-turut.
10. Scott Redding (Octo Pramac Racing) memiliki peruntungan campur-campur di 2017: di MotoGP Belanda ia mencatatkan fastest lap dalam balapan dan delapan hari kemudian di MotoGP Belanda catatan waktunya adalah yang paling lambat di antara 24 rider lain. Continue reading…

Or you can read other pages here…

Page 2 = Pencapaian Rossi dan Statistik Lainnya di Brno

Page 3 = Bisa Menang Lagi di Brno, Marquez?

Page 4 = Vinales: Tak Ada Ruang untuk Bikin Kesalahan

Page 5 = Dovizioso Berharap Peruntungannya di Brno Berubah

Page 6 = Tekad Rossi untuk Langsung Melaju Kencang di Brno

Page 7 = Pedrosa Sudah Tak Sabar untuk Beraksi Lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s