Pasca race di sirkuit Misano San Marino, Honda akhirnya bisa Pimpin Klasemen Konstruktor MotoGP 2017

Motorbloginfo.wordpress.com – Apakabar Readers MBI semua. Kali ini MBI akan bagi informasi tentang posisi terakhir Konstruktor MotoGP 2017 hingga putaran ke-13 yang telah diselenggarakan di sirkuit Misano, San Marino pada hari Minggu 10 September 2017. Nilai Konstruktor diambil dari seorang pembalap suatu pabrikan/Factory (bisa dari tim utama atau tim satelit) yang finish terbaik/terdepan pada suatu lomba/Race MotoGP.

Dani Pedrosa #26 with Honda RC213V MY 2017

Untuk pertama kalinya tahun ini pabrik motor berlambang sayap mengepak asal Jepang yaitu Honda, berhasil memaksa Yamaha turun ke posisi Runner-Up dan sekaligus mengambil alih pucuk pimpinan klasemen Konstruktor MotoGP. Pasca kemenangan via wet race yang dipersembahkan oleh Marc “The Baby Alien” Marquez #93, HRC (Honda Racing Corporation) berhasil menambah point penuh sebanyak 25 angka menjadi total 249 angka sehingga mulai menjauh dari posisi Yamaha yang berada di urutan kedua dan hanya berselisih 5 angka saja. Sedangkan dengan Ducati semakin jauh dengan margin 17 angka.

Valentino Rossi #46 rides with Yamaha YZR-M1 MY 2017

Yamaha yang memimpin klasemen konstruktor MotoGP 2017 sejak seri pertama di sirkuit Losail, Qatar hingga seri ke-11 di sirkuit Silverstone, Inggris, saat ini harus tergeser oleh rival utamanya ke posisi Runner-Up klasemen Konstruktor MotoGP 2017. Tambahan 13 angka hasil dari Maverick Vinales #25 (sebagai pembalap Yamaha terdepan) yang finish di urutan ke-4 ternyata tidak mampu mempertahankan pucuk pimpinan. Saat ini YFR (Yamaha Factory Racing) telah mengoleksi total nilai 244 dan hanya berselisih 5 angka saja di bawah Honda, serta unggul 12 point di atas Ducati.

Andrea Dovizioso #04 rides with Ducati Desmosedici GP17 + new aerodynamic inner winglet

Sama seperti sebelumnya, Ducati masih setia menempati posisi ke-3 di bawah Honda dan Yamaha. Pabrik motor yang bermarkas di kota Bologna, Italia ini masih mampu menambah 20 angka menjadi total 232 angka yang didapat dari perjuangan yang sangat melelahkan dari pembalap Italia yang bernaung di tim satelit Ducati yaitu Danilo Petrucci #9. Hasil finish di urutan ke-2 ini menyamai prestasinya ketika pembalap yang membela panji Octo Pramac Ducati ini meraih hasil yang serupa di sirkuit Assen, Belanda tiga bulan lalu. Saat ini posisi Ducati hanya tertinggal dari Yamaha sebanyak 12 point dan Honda sebesar 17 point di klasemen Konstruktor MotoGP 2017.

Suzuki GSX-RR MY 2017

Ada kabar bagus dari Suzuki yang mana mereka berhasil meraih 7 angka saat finish ke-9 di MotoGP Inggris dan 8 angka ketika finish ke-8 di MotoGP San Marino. Tambahan 15 point dalam 2 seri MotoGP ini semuanya dipersembahkan oleh pembalap asal Spanyol yang berstatus Rookie tahun ini yaitu Alex Rins #42, ternyata mampu mengangkat posisi pabrik motor asal Jepang ini ke posisi yang lebih baik. Saat ini Suzuki berada di posisi ke-4 (sebelum MotoGP Inggris mereka masih di urutan ke-5) klasemen Konstruktor MotoGP 2017 dengan total raihan point sebesar 60 angka atau unggul 15 angka di atas Aprilia. Sayangnya Andrea Iannone #29 tidak bisa menyumbang point karena dua kali DNF. Di sirkuit Silverstone dia mengalami crash low side sambil menyeret pembalap Italia lainnya (Danilo Petrucci) ikut terjatuh. Sedangkan di sirkuit Misano tidak sanggup finish karena mengalami masalah pada motor balapnya.

Aprilia RS-GP MY 2017

Berikutnya ada pabrik motor asal Italia lainnya yaitu Aprilia. Kali ini Aprilia harus turun peringkat ke urutan ke-5 tepat di bawah Suzuki. Hasil dua kali nihil point dari dua seri MotoGP (Inggris dan San Marino) membuat pabrik motor yang dulu sangat hebat prestasinya di kelas 125 cc dan 250 cc semakin jauh tertinggal dari Suzuki dengan selisih 15 angka. Padahal sebelum MotoGP Inggris mereka masih di posisi ke-4 dengan total raihan point yang setara dengan Suzuki. Kedua pembalap mereka yaitu Aleix Espargaro #41 dan Sam Lowes #22 sama-sama mengalami DNF dalam dua seri MotoGP terakhir. Akibatnya total nilainya pun masih stagnant yaitu 45 angka saja.

KTM RC16 MY 2017

Dan di posisi juru kunci masih ditempati oleh pabrik motor asal Austria yang berstatus Rookie di ajang MotoGP tahun ini yaitu KTM (bukan KTM nya Inul lho ya…). Hasil finish ke-10 yang diraih oleh Bradley Smith #38 dan finish ke-11 dari sang juara dunia Moto2 tahun 2013 asal Spanyol yaitu Pol Espargaro #44 merupakan hasil finish terbaik KTM di sepanjang musim kompetisi MotoGP tahun ini which is kedua pembalapnya sanggup menyelesaikan lomba di zona point. Atas raihan 6 angka ini berhasil menambah perolehan total point mereka di klasemen konstruktor menjadi 40 angka. Saat ini KTM hanya tertinggal 5 angka saja di bawah Aprilia. Sepertinya perubahan firing order mesin motor RC16 dari bertype Screamer menjadi Big Bang cukup membawa hasil yang lumayan. Paling tidak dengan mesin bertype firing order Big Bang ini semakin menambah kepercayaan diri para pembalap dari tim yang didukung oleh sponsor minuman berenergi berlambang banteng merah. Apalagi kalau tim pabrikan motor asal Austria ini mau mengganti chasis motornya dari trellis frame menjadi twin spar aluminium frame, pasti hasilnya bakal lebih maknyuuss.

Berikut ini adalah tabel Klasemen Konstruktor kejuaraan dunia MotoGP 2017 pasca Race di sirkuit Misano, San Marino :

No. Constructor Points @ San Marino GP Gap Points @ British GP Gap
1. Honda 249 224 7
2. Yamaha 244 5 231
3. Ducati 232 17 212 19
4 Suzuki 60 189 52 179
5. Aprilia 45 204 45 186
6. KTM 40 209 34 197

Oke, sekarang kita beralih ke klasemen kejuaraan dunia kategori Team MotoGP 2017. Untuk kategori Team ini perolehan angkanya adalah akumulasi dari dua pembalap dalam satu team. Sedangkan bila suatu team hanya terdiri dari satu pembalap saja maka point untuk Team ya diperoleh dari pembalap itu saja. Contohnya disini ada LCR Honda Team, dimana point milik Cal Crutchlow yang sebesar 92 angka adalah langsung mewakili point untuk LCR Honda Team.


Via smartphone if you can’t play the video here…

Repsol Honda Team kembali berhasil menggeser posisi Movistar Yamaha MotoGP Team ke urutan ke-2, untuk mengklaim mereka di posisi teratas dalam klasemen Team peserta kompetisi MotoGP tahun ini pasca race di sirkuit Misano, San Marino. Dalam race tersebut Repsol Honda Team berhasil meraih akumulasi point sebesar 27 angka dan menambah total perolehan point mereka menjadi 349. Saat ini mereka hanya unggul tipis sebanyak 9 angka saja di atas Movistar Yamaha MotoGP Team.

Sedangkan Movistar Yamaha MotoGP Team harus puas turun ke posisi ke-2 dengan raihan total point sebanyak 340. Hanya 13 angka yang berhasil disumbangkan oleh Maverick Vinales #25 yang finish di urutan ke-4. Sedangkan Valentino Rossi tidak bisa tampil di MotoGP San Marino kemarin karena mengalami patah tulang pada bagian betis kaki kanan sehingga harus menjalani masa recovery selama 30 – 40 hari. Otomatis keikutsertaan di MotoGP Aragon sangat tidak memungkinkan. Oleh karena itu pada MotoGP San Marino kemarin Maverick Vinales harus berjuang sendirian. Untunglah Movistar Yamaha memutuskan pembalap Superbike asal Belanda yaitu Michael Van De Mark untuk menggantikan posisi Valentino Rossi sementara di MotoGP Aragon. Sebenarnya posisi mereka tidak jauh karena hanya berjarak 9 angka saja dari sang pemuncak klasemen team yaitu Repsol Honda.

Di posisi ketiga ada Ducati Team yang masih mengumpulkan 289 angka saja. Tambahan 16 point yang diraih hanya diperoleh dari Andrea Dovizioso #04 yang finish di posisi ke-3 di sirkuit Misano, San Marino. Sedangkan Jorge Lorenzo #99 kembali harus menelan pil pahit karena retirement akibat terjatuh di lap ke-7 dan tidak bisa membantu menambah point untuk kategori Team. Dengan hasil ini semakin membuat tertinggal posisi mereka dari dua tim teratas di klasemen Team peserta kompetisi MotoGP tahun ini.

Untuk posisi ke-4 sampai ke-12 berapa perolehan point yang didapat oleh masing-masing Team yang berada di klasemen MotoGP 2017 pasca race di sirkuit Misano, San Marino kemarin, silakan simak tabel di bawah ini :

No. Team Points Gap
1. Repsol Honda Team 349
2. Movistar Yamaha MotoGP 340 9
3. Ducati Team 289 60
4. Monster Energy Yamaha Tech 3 194 155
5. Octo Pramac Racing 149 200
6. LCR Honda 92 257
7. Pull & Bear Aspar Team 90 259
8. EG 0,0 Marc VDS 80 269
9. Reale Avintia Racing 62 287
10 Team Suzuki Ecstar 61 288
11. Aprilia Racing Team Gresini 45 304
12. Red Bull KTM Factory Racing 45 304

Read more another post :


Last but not least…, pertarungan tidak hanya terjadi diantara pembalap namun juga ketangguhan dan kehebatan antar pabrikan/factory dan Team juga turut dipertaruhkan. Tidak sabar rasanya untuk segera menyaksikan race berikutnya yang akan dilaksanakan 10 hari lagi pada Minggu 24 September 2017 di sirkuit MotorLand, Aragon.

Note : Pembaca yang bijak tentunya diharapkan dapat meninggalkan jejak berupa komentar dan saran yang positif. Jangan lupa ya… dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam dari kota kecil. See you in the next article.

Related articles with MotoGP :

September 2017

August 2017

July 2017

June 2017

May 2017

Related articles with Motorsports :

Sudi para Reader untuk mampir dan bersilaturahmi via :

a. Facebook = http://www.facebook.com/aji.dwi.wendy
b. Twitter = @wendy_itn94
c. Instagram = @dwi_wendy
d. Email = dwiwendy@gmail.com
e. Another Blog = https://dwiwendysblog.wordpress.com/
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s