PT. Suzuki Indomobil Sales luncurkan 5 warna baru Suzuki Satria F150 FI untuk Model Year 2017

Motorbloginfo.wordpress.com – Apakabar Readers MBI semua. Akhir pekan kemarin PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi melakukan refreshment color pada salah satu produk unggulannya yang berjumlah total ada 5 pilihan warna. Bertepatan dengan event Bursa Motor (BURTOR) 2017 di 17 Park, Lot 17, SCBD, Jakarta Selatan, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan salah satu tipe sepeda motor andalannya yaitu All New Satria F150 FI yang mendapatkan sentuhan 5 warna baru. Peluncuran yang berlangsung tanggal 24 September 2017 ini sekaligus menjadi jawaban atas keinginan Readers yang mungkin berencana akan membeli All New Satria F150 FI MY 2017.

Dengan resminya peluncuran warna baru All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017, maka kini motor yang berjuluk “Hyper Underbone” ini hadir dengan 5 pilihan warna. Untuk warna variant standard, tersedia Brilliant White, Stronger Red dan Titan Black. Selain itu, masih ada 2 pilihan warna khusus (special edition) untuk variant High Grade, yaitu Titan Black/Red Casting Wheel dan Metallic Triton Blue yang identik dengan tampilan Suzuki GSX-RR milik Team Suzuki Ecstar MotoGP 2017. Warna biru yang kini lebih tajam dan cerah, memberikan kesan pengendara yang antusias dan serius.

Menurut PT. Suzuki Indomobil Sales, warna baru All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 diciptakan dengan dasar tren otomotif yang digemari pada masa kini. Seperti warna putih pada Brilliant White yang kini lebih mendominasi. Aksentuasi bersih dan terlihat lebih mewah, guys. Begitu pula pada warna stronger red yang terlihat lebih menyala alias tampak eye catching. Perbedaan nyata juga tetap terlihat di variant berwarna Metallic Triton Blue yang berbeda dari warna sebelumnya. Warna biru yang kini lebih tajam dipadu striping ala Suzuki MotoGP 2017 yang cerah.

All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017-headlamp

SIS sejauh ini mampu mempertahankan produk mereka dari segi finishing ataupun material. Rapi serta memiliki kualitas coating cukup baik khususnya pengecatan ataupun sambungan panel per panel casing body. Untuk warna merah dipilih dengan karakter menyala. Ini warna dasar betul-betul merah tanpa ada kombinasi warna lain. Maklum, saat ini banyak pabrikan yang suka bermain dengan kombinasi dual color. Sementara untuk warna baru New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 ini tidak.

All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017-center body

Suzuki memilih jalan berbeda yakni single color dengan penguatan karakter pada bagian striping ataupun tulisan Satria pada sisi samping ataupun buritan. Begitu juga dengan warna putih yang disodorkan, ternyata cukup keren. Tidak lupa selain tulisan Satria, DOHC 4 valve, Hyper Underbone, dan 6 speed pada body samping yang menutupi rangka juga tertera tulisan “Suzuki Advanced Twin-Spar Frame” berupa sticker. Apalagi crankcase mesin tetap dilabur dengan warna emas. Keputusan ini sudah tepat. Ya, komposisi warna memang selera. Tapi secara pribadi MBI sih tetap suka warna gold ketimbang hitam. Kesannya lebih berkelas.

All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017-under cowl and gold crankcase

Sebagai motor berdimensi kompak, ringan dan berperforma tinggi, All New Satria F150 FI sudah tidak diragukan lagi kiprahnya sebagai motor yang cocok untuk generasi muda. Didukung dengan pilihan warna yang lebih tegas dan sesuai tren masa kini, semakin jelas pilihan generasi muda yang mementingkan sisi lifestyle telah terpenuhi di All New Satria F150.

Yohan Yahya – Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. SIS “Perubahan warna Suzuki All New Satria F150 didasari keinginan konsumen generasi muda saat ini. Tentunya generasi muda yang dijadikan target produk ini adalah yang gaul, suka tampil di depan publik serta mengutamakan gaya maksimal saat berada di komunitas lingkungannya. Kami ingin menjadikan All New Satria F150 lebih ke arah yang lebih diutamakan mereka pada masa kini, yaitu lifestyle.”

All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017-rear body and sporty rear handle

Mendominasi performa di kelasnya, All New Satria F150 FI dibekali mesin berteknologi Fuel Injection dan DOHC (Double Over Head Camshaft) yang memberikan akselerasi spontan dan padat saat kapanpun diinginkan pengendaranya. Penggunaan radiator beukuran besar sebagai sistem pendingin suhu mesin, memastikan kondisi terbaik untuk konsistensi performa dan keawetan komponen mesin.

All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017-muffler with heat cover

Warna baru Suzuki All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 dapat Readers boyong mulai September 2017 dengan banderol Rp 22.200.000,- (On The Road DKI Jakarta) untuk varian Standard, dan Rp 22.500.000,- (On The Road DKI Jakarta) untuk varian High Grade. SIS sendiri mentargetkan All New Suzuki Satria F150 FI warna baru ini bisa menjaga kestabilan permintaan konsumen di angka 2.000 unit/bulan.

Di samping ke-5 pilihan warna baru, SIS juga tetap memasarkan variant All New Suzuki Satria F150 FI Black Predator. Sebagai produk special edition, varian All New Satria F150 FI Black Predator juga dilengkapi tambahan fitur seperti USB Charger dan Security Alarm System. Variant special ini dibanderol sebesar Rp 22.650.000,- (On The Road DKI Jakarta).. Untuk menjawab rasa penasaran, berikut MBI sudah lampirkan beberapa foto resmi warna baru Suzuki All New Satria F150 FI MY 2017.

All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 Titan Black with Red Cast Wheel (variant warna High Grade)
All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 Metallic Triton Blue MotoGP Livery (variant warna High Grade)
All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 Brilliant White (variant warna Standard)
All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 Stronger Red (variant warna Standard)
All New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 Titan Black (variant warna Standard)

Tentang Suzuki Satria F150 FI

Motor bergenre ayam jago (ayago) ini adalah motor buatan PT. Suzuki Indomobil Sales yang sudah dilengkapi dengan system supply bensin berteknologi Fuel Injection. Motor ini dihadirkan untuk menggantikan generasi sebelumnya yang masih menggunakan system pengabut bahan bakar konvensional yaitu karburator.

Selain itu Suzuki Satria F150 FI sudah mengapilkasikan system pendingin air (water cooler) alias radiator. Tidak seperti yang dipasang pada Suzuki Satria FU 150 Karbu yang masih memakai system pendingin oli (oil cooler). Ukuran radiator yang digunakan adalah yang terbesar di segment bebek sport 150 cc. Bahkan masih lebih besar daripada yang digunakan oleh motor sport kelas batangan 150 cc dari brand lain. Hanya kalah besar dari yang digunakan sesama motor produksi Suzuki yaitu Suzuki GSX- R150 dan GSX-S150.

All New Satria F150 FI kini tampil makin futuristik dan sporty dengan desain body yang aerodinamis. Semakin agresif menaklukan semua tantangan di jalan. Menggunakan mesin baru yang mengadaptasi teknologi MotoGP Suzuki All New Satria F150 FI siap kalahkan semua lawan dengan performa maksimal dan tercepat di kelas underbone 150cc.

By the way berikut ini kelebihan-kelebihan dari Suzuki Satria F150 FI (orang biasa bilang Satria FUFI) menurut pendapat dari netizen :

  • Harga spare parts FUFI paling murah meriah di kelasnya, bahkan dgn FU karbu sekalipun.
  • FUFI menggunakan biji plastik type tertinggi yaitu “ABC”.
  • FUFI Kualitas “Cat” paling bagus dikelasnya.
  • FUFI Menggunakan Radiator dengan dimensi terbesar dikelasnya.
  • FUFI punya Dual Oli Filter sedangkan kompetitor hanya satu saja.
  • FUFI punya per kopling besar sebanyak 5 buah, sedangkan kompetitornya punya per kopling kecil itupun hanya 4 buah.
  • FUFI punya “bagasi” minimalis di depan yang bisa digunakan untuk menyimpan lap kanebo atau botol minuman 250 ml, sedangkan kompetitor tidak ada.
  • FUFI menggunakan velg buatan “ENKEI” yang kualitasnya jauh di atas rata-rata dengan velg milik kompetitornya.
  • Pelumasan “SALCS” (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System).
  • Kopling menerapkan teknologi SAPECS (SUZUKI Advanced Power Engagement Clutch System).
  • FUFI punya “Box Filter” terbesar di kelasnya.

Tapi bukan berarti enggak punya kelemahan, guys, namanya juga barang buatan manusia. Berikut ini beberapa kelemahan Suzuki Satria F150 FI yang hampir setara dengan type Sport motor laki-laki yaitu :

  1. Minim atau hampir tidak ada bagasi. Bahkan untuk menyimpan jas hujan saja tak disediakan tempatnya. Yang ada hanya untuk menyimpan tool kit.
  2. Kapasitas isi tangki bensin setara sepeda motor bebek konvensional (mesin dengan kepala silinder selonjoran/horizontal) alias rata-rata 4 liter. Matic scooter saja sudah ada yang 5 – 6 liter kapasitas isi tangki bensinnya. Sedangkan type Sport motor laki-laki punya tangki berkapasitas minimum 11 liter bensin.
  3. Beda dengan bebek konvensional yang tidak menggunakan kopling (clutch) maka untuk type bebek sport harus mengaplikasikan kopling manual sehingga kurang praktis bagi pengendara kaum hawa. Karena pada dasarnya sepeda motor ini hanya untuk kaum adam dan lebih mengutamakan performa.
  4. Konstruksi kepala silinder mesin yang tegak mengakibatkan posisi air filter box harus diletakkan di bawak jok sehingga tidak mungkin ada bagasi hanya sekedar untuk menyimpan jas hujan. Selain itu harus berbagi tempat dengan tangki bahan bakar.

Sekarang kita beralih ke data penjualannya, guys. Berikut ini tabel dan grafik penjualan Suzuki Satria F150 FI selama bulan Januari hingga Agustus 2017 (delapan bulan) :

No. Bulan Jumlah Suzuki Satria F150 FI
1. Januari 2017 991 unit
2. Februari 2017 918 unit
3. Maret 2017 916 unit
4. April 2017 1.757 unit
5. Mei 2017 2.148 unit
6. Juni 2017 836 unit
7. Juli 2017 1.217 unit
8. Agustus 2017 1.055 unit
Jumlah selama 8 bulan 9.838 unit
Rata-rata per bulan 1.230 unit
Grafik Penjualan & Rata-rata per bulan Suzuki Satria F150 FI selama Januari – Agustus 2017

Berdasarkan Grafik Penjualan Suzuki Satria F150 FI selama Januari hingga Agustus 2017, penjualan terendah hadir di bulan Juni 2017 yakni 836 unit saja. Sedangkan penjualan tertinggi terjadi di bulan Mei 2017 yaitu ada sebanyak 2.148 unit. Total penjualan selama delapan bulan adalah 10.606 unit dan rata-rata tiap bulannya terjual 1.230 unit. Sebenarnya kalau dilihat dari penjualan rata-rata per bulannya nggak terlalu buruk, bahkan penjualan pada semester I secara jumlah keseluruhan masih lebih baik daripada Honda Supra GTR150. Namun karena PT. AHM menggenjot penjualan Honda Supra GTR150 dalam dua bulan terakhir (Juli dan Agustus 2017) maka penjualan Suzuki Satria F150 FI pun jadi terlampaui. Akhirnya harus puas menjadi juru kunci dalam persaingan di segment Bebek Sport. Belum lagi kapasitas produksi Suzuki Satria F150 FI memang harus mengalah karena yang lebih diutamakan adalah meningkatkan kapasitas produksi Suzuki GSX- R150 dan GSX-S150.

Bagi Readers yang masih kepo bagaimana data penjualan Suzuki Satria F150 FI bila dibandingkan dengan data penjualan sepeda motor bebek sport / bebek super lainnya silakan simak lagi artikelnya disini.

Berikut ini daftar harga disesuaikan dengan pilihan warna  ( check disini ) yang tersedia :

  • Harga All New Suzuki Satria F150 FI Standard Color (Brilliant White, Stronger Red, Titan Black) : 22.200.000 (On The Road Jakarta)
  • Harga All New Suzuki Satria F150 FI Blackfire (Titan Black with Red Cast Wheel) : 22.500.000 (On The Road Jakarta)
  • Harga All New Suzuki Satria F150 FI MotoGP (Metallic Triton Blue) : 22.500.000 (On The Road Jakarta)
  • Harga All New Suzuki Satria F150 FI Black Predator (Matte Black) : Rp. 22.650.000 (On The Road Jakarta)
All New Suzuki Satria F150 FI Black Predator (Matte Black)

Harga di atas berdasarkan informasi yang di share dari mas Iwanbanaran.com dan TMCBlog.com. Bila ada Readers yang mau sekedar check harga di situs resminya, silakan baca disini.

Untuk informasi tentang produk ini lebih lengkap silakan download filenya dalam bentuk PDF disini.

Spesifikasi Teknis Suzuki Satria F150 FI  ( baca disini )

Mesin

Type Mesin : water-cooled, 4-stroke, DOHC 4-valve, 1-cylinder
Kapasitas : 147,3 cc
Power : 13.6 KW (18.49 PS or 18.24 HP) /10.000 rpm
Torque : 13.8 Nm/8.500 rpm
Transmisi : 6 speed
Type Starter : 1-Push Electric Starter
Suplai Bahan Bakar : Fuel Injection
System Pengapian : Euro 3

Dimensi

Panjang : 1.960 mm
Lebar : 675 mm
Tinggi : 980 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Jarak Terendah : 150 mm
Berat : 109 kg
Tinggi Jok : 765 mm

Rangka dan Kaki-kaki

Jenis Rangka : Twin Tube Steel
Suspensi Depan : teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang : swing-arm + monoshock
Ban Depan : 70/90-17 38P (tubeless)
Ban Belakang : 80/90-17 50P(tubeless)
Wheel Type : Cast Wheel
Rem Depan : New Petal Design Disc Brake
Rem Belakang : New Petal Design Disc Brake

Kelistrikan

Lampu depan : LED (Light Emitting Diode)
Lampu belakang : Bohlam (bulb)
Jenis baterai : MF
Panel Instrument : Full Digital
Tachometer (RPM) : Ada

Konsumsi bahan bakar

Kapasitas tangki : 4 liter
Jarak tempuh (km) : N/A
Standar Emisi : Euro3
Konsumsi bensin (km/l) : N/A

Fitur-fitur lainnya

Shutter Key Lock System : Ada
Suzuki Easy Start System : Ada

Read more another post :


Last but not least.., refreshment color pada New Suzuki Satria F150 FI MY 2017 yang dilakukan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales patut disambut dengan antusias karena dalam tiga bulan terakhir penjualannya kurang dari 1.500 unit per bulannya sehingga dibutuhkan sesuatu yang bisa digunakan untuk mendongkrak penjualannya lagi dan bersaing dengan para kompetitornya. Dengan adanya opsi 5 warna baru menggantikan warna lama tentunya diharapkan dapat menarik kembali minat bikers tanah air terutama anak-anak muda agar mau memilikinya dalam setiap kegiatan baik untuk sekolah, kuliah, bekerja, atau hanya sekedar untuk bergaya. Finally whatever you buy, it’s your choice. But you should consider every you want to buy depending on your necessary.

Note :

  • Apapun pilihan anda semua tergantung pada kebutuhan dan kemampuan financial masing-masing individu.
  • Pembaca yang bijak tentunya diharapkan dapat meninggalkan jejak berupa komentar dan saran yang positif. Jangan lupa ya… dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam dari kota kecil. See you in the next article.

Related articles with Suzuki :

Related articles with Honda :

Related articles with Yamaha :

Related articles with Data AISI :

September 2017

August 2017

July 2017

June 2017

Related articles with Kawasaki :

Related articles with Otomotif :

Related articles with Sejarah Motor :

Related articles with Serba-serbi :

Related articles with Motorsports :

Sudi para Reader untuk mampir dan bersilaturahmi via :

a. Facebook = http://www.facebook.com/aji.dwi.wendy
b. Twitter = @wendy_itn94
c. Instagram = @dwi_wendy
d. Email = dwiwendy@gmail.com
e. Another Blog = https://dwiwendysblog.wordpress.com/
Advertisements

2 thoughts on “PT. Suzuki Indomobil Sales luncurkan 5 warna baru Suzuki Satria F150 FI untuk Model Year 2017

  1. Motor ini sebenarnya secara kualitas lebih ciamik daripada Sonic. Urusan desain juga oke. Tinggal stoplamp nya yg hrs di refresh. Soalnya mirip kepunyaan shogun axelo. Sygnya skrg sepi peminat. Para ABG lebih gaul pake skutik retro. Bener gk gan?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s