Bukan mustahil Yamaha Nmax akan menjadi Maxi Scooter Matic Sejuta Umat

Motorbloginfo.wordpress.com – Apakabar Readers MBI semua. Kehadiran skutik bongsor sudah dinantikan konsumen Indonesia sejak lama, tepatnya saat AHM memamerkan skutik bongsor mereka yakni Honda PCX 150 di salah satu pameran otomotif terkemuka di Jakarta lima tahun lalu. Ternyata sambutan konsumen cukup antusias saat mengamatinya. Ini karena beberapa tahun sebelumnya konsumen selalu hanya disuguhkan skutik berukuran mungil dan sedang saja. Wajar apabila konsumen di tanah air mengharapkan AHM agar segera memproduksi dan merakitnya di sini saja. Namun apa mau dikata, harapan konsumen jadi bertepuk sebelah tangan karena ternyata AHM lebih suka untuk mengimpornya secara utuh (CBU/Completely Built Up) dan menjualnya dengan harga hampir Rp. 40 juta. Tentu saja konsumen banyak yang kecewa dengan harga yang ditetapkan. Too expensive buat sepeda motor 150 cc.

Akhirnya, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing melihat ada peluang bagus untuk dimasuki ke segment baru ini. Seperti biasa daripada capek-capek bikin sepeda motor yang head to head dengan AHM yang belum tentu menang lebih baik terjun ke blue ocean. Apa maksudnya, om? Blue ocean itu ya lautan/samudera biru. Begini guys, blue ocean itu maksudnya suatu segment yang masih belum dimasuki suatu produk dari pabrik lain alias masih sepi peminat. Lawannya adalah red ocean. Biasanya sebuah pabrik besar yang memproduksi suatu barang pasti akan jadi penguasa di segment tertentu saja (red ocean). Mereka kurang berani bermain di segment baru, dengan alasan sepi konsumen. Dengan kondisi tersebut tentu saja bagi pabrik-pabrik yang volume produksinya kecil akan susah bersaing dengan yang besar. Oleh karena itu pabrik-pabrik yang kecil harus punya strategy hebat agar bisa survive. Salah satunya dengan membuka segment baru (yang belum dimasuki produk dari pabrik besar) alias terjun ke blue ocean.

Melihat ada peluang bagus di depan mata, YIMM langsung merilis New Yamaha Nmax 155 ABS pada awal tahun 2015 dengan harga (kalau enggak salah) Rp. 28 jutaan. Dengan mesin SOHC 4 katup plus VVA (Variable Valve Actuation) yang mampu memuntahkan tenaga 15,09 ps (11,1 kw) serta sudah dilengkapi fitur-fitur seperti bagasi underseat 23 liter (mampu menyimpan helm full face), ban dan velg bertapak lebar dengan diameter 13 inchi, perangkat rem cakram pada kedua roda (depan dan belakang), yang tentu saja tidak langsung memancing minat konsumen untuk membelinya. Yap… harga masih dirasa terlalu tinggi menurut para konsumen. Apalagi konsumen di tanah air masih banyak yang belum paham dengan perangkat rem cakram yang telah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System). Wajar, dalam masa-masa awal peluncuran, penjualannya masih sedikit.

YIMM tidak tinggal diam. Mereka memang sengaja meluncurkan New Yamaha Nmax 155 ABS (versi termahal) hanya untuk test the water (uji pasar). Ternyata benar, respon dari konsumen lumayan negative alias hanya sedikit yang terjual. Faktanya YIMM sudah mempersiapkan New Yamaha Nmax 155 dengan harga yang lebih terjangkau yakni tanpa mengaplikasikan ABS pada kedua rem cakram alias polosan saja. Dengan harga (kalau enggak salah) Rp. 24 jutaan, konsumen langsung menyambutnya dengan respon positif. Ini dibuktikan dengan laris manis nya penjualan. Bahkan konsumen yang ingin membeli secara tunai harus menunggunya selama lebih dari satu bulan. Penjualannya langsung sanggup masuk 10 besar sepeda motor terlaris di Indonesia. Ini suatu fenomena baru yang mana angka penjualannya sanggup menggeser peringkat salah satu andalan YIMM di segment sport bike 150 cc yakni Yamaha Vixion.

Penjualan Yamaha Vixion semakin tergerus karena kehadiran dari sesama produk Yamaha

No wonder, penjualan Yamaha Vixion mulai tersaingi oleh New Yamaha Nmax 155. Dengan harga yang relative sama tentu saja sebagian besar biker cenderung lebih suka memilih sepeda motor  yang elegan dan berukuran gambot daripada Yamaha Vixon yang selain tidak mudah cara memakainya juga tidak memiliki tempat/bagasi hanya untuk menyimpan raincoat (jas hujan). Malah ada calon pembeli yang berangkat dari rumah punya keinginan untuk membeli Yamaha Vixion di salah satu dealer Yamaha, akhirnya begitu melihat New Yamaha Nmax 155 secara detil langsung berubah pikiran untuk tidak jadi membeli Yamaha Vixion dan lebih memilih meminang New Yamaha Nmax 155.

Akhirnya yang terjadi seperti sekarang ini yakni penjualan Yamaha Vixion semakin menurun (baca disini ), sedangkan penjualan New Yamaha Nmax 155 ( ABS dan tanpa ABS) semakin laris manis. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan data penjualan New Yamaha Nmax 155 selama satu tahun penuh terutama di tahun 2015, 2016 dan 2017.

Menurut data AISI sepanjang tahun 2015 Yamaha Nmax 155 sukses terjual hingga 122.046 unit, silakan baca disini.

Data Penjualan Yamaha Nmax 155 (ABS dan non ABS) di tahun 2016

No. Bulan Jumlah penjualan tiap bulan
1. Januari 2016 11.772 unit
2. Februari 2016 13.999 unit
3. Maret 2016 20.998 unit
4. April 2016 Tidak ada data
5. Mei 2016 22.211 unit
6. Juni 2016 Tidak ada data
7. Juli 2016 Tidak ada data
8. Agustus 2016 24.236 unit
9. September 2016 24.002 unit
10. Oktober 2016 25.825 unit
11. November 2016 26.828 unit
12. Desember 2016 Tidak ada data
Jumlah keseluruhan 254.862 unit
Rata-rata per bulan 21.238 unit

Mohon maaf ada empat bulan tidak MBI temukan data penjualan Yamaha Nmax 155, padahal sudah MBI searching via kedua mesin pencari yakni Google dan Yahoo, namun hasilnya tetap sama alias nihil. Oleh karena itu data penjualan Yamaha Nmax 155 sepanjang tahun 2016 setiap bulannya Motor Blog Info himpun dari :

  1. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Januari 2016 bisa Readers baca disini
  2. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Februari 2016 bisa Readers baca disini
  3. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Maret 2016 bisa Readers baca disini
  4. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Mei 2016 bisa Readers baca disini
  5. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Agustus 2016 bisa Readers baca disini
  6. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan September 2016 bisa Readers baca disini
  7. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Oktober 2016 bisa Readers baca disini
  8. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan November 2016 bisa Readers baca disini
  9. Data secara keseluruhan (total) penjualan Yamaha Nmax 155 sepanjang tahun 2016 bisa Readers baca disini

Data Penjualan Yamaha Nmax 155 (ABS dan non ABS) di tahun 2017

No. Bulan Jumlah penjualan tiap bulan
1. Januari 2017 19.491 unit
2. Februari 2017 13.825 unit
3. Maret 2017 17.339 unit
4. April 2017 17.716 unit
5. Mei 2017 20.993 unit
6. Juni 2017 15.236 unit
7. Juli 2017 24.233 unit
8. Agustus 2017 31.295 unit
9. September 2017 Data belum masuk
10. Oktober 2017 Data belum masuk
11. November 2017 Data belum masuk
12. Desember 2017 Data belum masuk
Jumlah sementara 160.128 unit
Rata-rata per bulan 20.016 unit

Data penjualan Yamaha Nmax 155 sepanjang tahun 2017 setiap bulannya Motor Blog Info himpun dari :

  1. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Januari 2017 bisa Readers baca disini
  2. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Februari 2017 bisa Readers baca disini
  3. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Maret 2017 bisa Readers baca disini
  4. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan April 2017 bisa Readers baca disini
  5. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Mei 2017 bisa Readers baca disini
  6. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Juni 2017 bisa Readers baca disini
  7. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Juli 2017 bisa Readers baca disini dan disini
  8. Data penjualan Yamaha Nmax 155 di bulan Agustus 2017 bisa Readers baca disini
Grafik Penjualan dan Rata-rata per bulan Yamaha Nmax 155 selama Januari – Agustus 2017

Berdasarkan Grafik Penjualan  dan Rata-rata per bulannya Yamaha Nmax 155 selama bulan Januari – Agustus 2017, tampak dengan jelas mengalami penjualan turun dan naik yang mana penjualan terendah terjadi pada bulan Februari 2017 dan tertinggi pada bulan Agustus 2017. Pada bulan Januari 2017 terjual 19.491 unit lalu drop ke angka penjualan hanya 13.825 unit saja di bulan Februari 2017, sekaligus jadi yang terendah penjualannya, kemudian naik secara linear selama tiga bulan lalu turun lumayan banyak di bulan Juni, dan akhirnya kembali naik di bulan Juli dan Agustus 2017. Secara rata-rata per bulannya ada 20.016 unit Yamaha Nmax 155 yang terjual dan jumlah total yang terjual selama 8 bulan adalah sebesar 160.128 unit. Not bad

Bagi Readers yang masih kepo dengan persaingan Yamaha Nmax 155 dengan rival-rivalnya di segment skutik 150 cc silakan baca lagi disini. Berikut ini akumulasi penjualan Yamaha Nmax 155 mulai saat diluncurkan di awal tahun 2015 hingga bulan Agustus 2017 :

No. Tahun Penjualan Jumlah Penjualan
1. 2015 122.046 unit
2. 2016 254.862 unit
3. Sampai Agustus 2017 160.128 unit
Jumlah sementara 537.036 unit

Terlihat untuk ukuran sepeda motor di kelas premium ternyata sanggup mendistribusikan penjualan sebanyak 537.036 unit hanya dalam waktu 2,5 tahun lebih. Motor Blog Info yakin penjualan Yamaha Nmax 155 tahun 2017 bisa menyamai angka penjualan di tahun 2016 bahkan bisa lebih. Apalagi penjualan di bulan Agustus 2017 tercatat sebagai angka penjualan tertinggi sejak skutik bongsor ini pertama kali diluncurkan sekaligus mengalahkan penjualan skutik entry level mereka yakni Yamaha Mio 125 series.

Dengan rata-rata penjualan berkisar di angka 250 ribuan unit per tahun, bukan hal aneh pada akhir tahun 2019 mendatang kemungkinan bisa mencapai satu juta unit. Bila itu terjadi berarti lebih cepat satu tahun dibandingkan dengan penjualan Yamaha Vixion gen 1 (old) yang butuh enam tahun untuk meraih satu juta unit. Lho, bukannya tahun depan AHM akan merilis andalan mereka di segment Maxi Skutik 150 cc yang memiliki kode K97A? Ya memang itu benar. Namun MBI rasa tidak mudah calon PCX 150 lokal pertama ini langsung bisa mengalahkan laris manisnya Yamaha Nmax 155. Situasinya akan serupa dengan CB150R StreetFire yang sampai saat ini belum mampu mengalahkan dominasi penjualan Yamaha Vixion. Kebiasaan AHM adalah menciptakan sepeda motor yang memiliki kemampuan dan fitur yang mirip dengan rival utamanya. Kasusnya telah terjadi pada kuartet DOHC Nearly Square Engine yakni CB150R StreetFire, CBR150R, Sonic 150R, dan Supra GTR150. Dari keempat sepeda motor yang memiliki common parts mesin yang sama tersebut, hanya Honda CBR150R yang masih menjadi sepeda motor terlaris di segment Sport Bike Full Fairing 150 cc.

Berkaca dari pengalaman tersebut MBI rasa Yamaha Nmax 155 masih sedikit lebih unggul dalam hal penjualan (meski tipis) daripada calon penantangnya. Hal ini ditunjang dengan telah ditanamkannya image (citra) pada mindset konsumen/biker bahwa skutik bongsor (Maxi Scooter Matic) 150 cc yang terbaik adalah Yamaha Nmax 155. Serupa dengan mindset para biker bahwa motor sport bike full fairing pastilah Kawasaki Ninja.

Tentunya dibutuhkan strategy jitu dalam meningkatkan angka penjualan. Salah satu strategy Yamaha mendongkrak penjualan Nmax menurut General Manager After Sales & Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M Abidin, mengatakan memang permintaan dari pasar sedang tinggi. “Strategi biasa saja, tapi memang pasar sedang tinggi. Produksi kita tambah pakai dua pabrik, tapi sebenarnya itu juga belum terlalu mencukupi,” kata Abidin saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (14 September 2017).

Dari Januari sampai Agustus 2017, Nmax sudah berkontribusi sebanyak 160.128 unit. Bahkan tren positif pertumbuhan Nmax juga diikuti dari angka ekspor yang sudah mencapai 55.989 unit sepanjang 2017. Menurut Abidin, saat ini Nmax memang sedang dalam masa kedewasaan produk. Bukan karena dari sisi penjualan saja, tapi juga dari penyebaran yang sudah masif secara nasional.

“Kami tidak melihat daerah mana yang paling tinggi penjualannya, karena memang sudah rata. Ini menjadi indikasi kedewasaan produk, sama seperti zaman RX-King dulu, sudah masif bisa dibilang seperti motor sejuta umat, yang kami jaga bagaimana produk selalu tersedia,” ucap Abidin.

Tentang Yamaha Nmax 155

Semua orang pasti tahu dengan skuter bongsor Yamaha Nmax 155, pesaing Honda PCX dikenal punya banyak kelebihan mulai dari fitur, desain sampai harganya yang tergolong terjangkau. Untuk pasar Indonesia PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan dua pilihan yaitu ABS dan non ABS namun sama-sama memakai mesin 155 cc.

Yamaha Nmax 155 untuk Non ABS jelas berbeda dibandingkan dengan versi ABS terutama dari segi teknologi pengereman, selain itu harganya pun juga lebih terjangkau dan ada beberapa sedikit ubahan desain. Berikut akan kami sajikan detail kelebihan dan kekurangan Yamaha Nmax 155 Non ABS dengan ABS lengkap beserta kelebihan dan fitur-fiturnya.

Motor matik berdesain elegan bisa dibilang perpaduan antara skuter dengan motor sport, karena meskipun bertubuh besar namun tetap nyaman digunakan. Versi ABS sudah lebih duu diluncurkan dibanding ABS yang pada waktu itu dibanderol Rp 28 juta, kemudian selang beberapa bulan kemudian baru lahirlah Non ABS dengan harga Rp 24 juta.

Untuk fitur unggulan yang dimiliki oleh Nmax ini diantaranya Double Disc Brake, Front and Rear LED Headlight, Digital Speedometer, Alumunium Handlebar, Wide Tire, Two Ride Position dan tentu saja teknologi Blue Core. Kemudian untuk sektor mesin sama-sama berkapasitas 155 cc dengan tenaga 11,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Sebagai keluarga Max series sudah pasti Yamaha Nmax 155 memiliki desain sangat sporty dan mengagumkan dengan bodi yang dirancang unik ciri khas motor matik Eropa. Kemudian untuk dapur pacunya menggunakan teknologi Blue Core sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

  1. Dashboard Yamaha Nmax 155

Yang unik dari motor ini adalah desain dashboardnya yang tidak menyatu dengan setang melainkan terpisah dengan letak di tengah agak ke dalam. Ini lah yang menjadi pembeda bagi skutik ini dibandingkan motor matik lain di Indonesia

  1. Rangka Yamaha Nmax 155 memudahkan Handling

Meskipun bertubuh besar namun Yamaha Nmax memiliki handling sangat nyaman untuk dikendarai, belum lagi dengan dukungan suspensi depan yang empuk membuat pengendara merasa nyaman saat bermanuver.

Berikut detail keunggulan Yamaha Nmax 155 :

  • Dengan memakai teknologi injeksi terbaru Yamaha Nmax menjadi lebih maksimal dalam proses pembakaran karena melalui sistem pemetaan 3 dimensi untuk mengontrol bahan bakar sehingga menjadi lebih hemat.
  • Selain itu bentuk layout juga valve juga lebih maksimal dengan desain ruang bahan bakar yang lebih pas.
  • Terdapat tumble yang berguna memaksimalkan dalam pencampuran bahan bakar menjadi tenaga
  • Pembakaran di dalam ruang mesin menjadi lebih prima
  • Teknologi VVA membantu mendinginkan mesin sehingga performa motor tetap stabil.
  • Yamaha melengkapi motor ini dengan by-pass thermostat berfungsi mempercepat proses pemanasan mesin dan membuat hemat bahan bakar
  • Terdapat teknologi DiAsyl Cylinder & Forged Piston yang membuat mesin tetap efektif dalam proses pembakaran
  • Sudah dilengkapi Roller Rocker Arm sehingga minim gesekan.
  • Getaran motor juga lebih stabil karena mesin sangat ringan
  • Terdapat compact AC magneto yang membuat bahan bakar menjadi lebih efisien namun tetap bertenaga.
  • Berbekal rangka delta shape menjadikan Yamaha Nmax sangat ringan
  • Terdapat fuel tank center tunnel sehingga posisi titik berat tangki terpusat
  • Di sektor kaki-kaki dilengkapi twin shock absorber dengan ban lebar ukuran 13 inci yang stabil

Kekurangan Yamaha Nmax 155 :

  • Peredam kejut ganda pada roda belakang terasa keras sekali mirip sebuah batu memanjang yang diukir/dipahat seperti pegas spiral. Soal ini skutik Yamaha masih harus belajar di sektor kenyamanan berkendara dengan brand tetangga.
  • Karena roda belakang menggunakan rem cakram maka akan menambah ongkos produksi bila dibenamkan teknologi parking brake lock (pengunci rem parkir). Sayangnya fitur ini tidak ada. Padahal fitur ini sangat berguna bila kita memarkir Yamaha Nmax 155  di suatu jalan yang menanjak atau menurun.
  • Windshield (kaca depan di atas headlight) kurang tinggi sehingga banyak yang akhirnya mengganti dengan ukuran yang bisa melindungi pengendara dari hembusan angin atau debu dari depan.

Dari PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menghadirkan Yamaha Nmax 155 dalam 2 type, 2 harga, dan 4 warna yaitu :

  1. Yamaha Nmax 155 Non ABS, tersedia dalam 4 warna yakni Black, Matte Red, Matte Grey, dan White, dengan harga Rp. 25.700.000 (On The Road Jakarta)
  2. Yamaha Nmax 155 ABS, tersedia dalam 4 warna yakni Black, Matte Red, Matte Grey, dan Premier White, dengan harga Rp. 29.600.000 (On The Road Jakarta)
Yamaha Nmax 155 Black MY 2017
Yamaha Nmax 155 Matte Red MY 2017
Yamaha Nmax 155 Matte Grey MY 2017
Yamaha Nmax 155 Premier White MY 2017

Spesifikasi Yamaha Nmax 155 :

Mesin

Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi silinder Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155cc
Diameter x langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan kompresi 10,5 : 1
Daya maksimum 11.1 kW/8000 rpm
Torsi maksimum 14.4 Nm/6000 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic

Dimensi

P x L x T 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 127 kg
Kapasitas Tangki Bensin 6,6 L

Rangka

Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan Single Disc Brake (ABS)
Rem Belakang Single Disc Brake (ABS)

Kelistrikan

Sistem pengapian TCI
Battery YTZ7V
Tipe Busi NGK / CPR8EA – 9

Read more another post :


Last but not least…, Motor Blog Info cukup yakin dengan prediksi bahwa Yamaha Nmax 155 bukan mustahil akan menjadi Maxi Scooter Matic 150 cc pertama dengan penjualan tembus 1 juta unit di Indonesia bahkan di dunia kalau digabung dengan angka penjualan ekspor. Mungkin nanti ada yang bilang prediksi ini terlalu berlebihan atau ada yang mau bilang MBI lebih membela produk Garpu Tala. Bukan! Anda yang salah paham. Tulisan ini dibuat hanya berdasarkan data dan fakta di lapangan. Kita melihat bahwa Yamaha Vixion sudah mencapai angka penjualan satu juta unit beberapa tahun yang lalu. Begitu juga yang akan terjadi pada sepeda motor ini. Sudah bukan hal aneh saat ini Yamaha Nmax 155 jauh lebih sering terlihat di jalan umum daripada penampakan Yamaha Mio 125 (Mio Z dan Mio M3). Ya kan…

Note :

  • Apapun pilihan anda semua tergantung pada kebutuhan dan kemampuan financial masing-masing individu.
  • Pembaca yang bijak tentunya diharapkan dapat meninggalkan jejak berupa komentar dan saran yang positif. Jangan lupa ya… dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam dari kota kecil. See you in the next article.

Related articles with Yamaha :

Related articles with Honda :

Related articles with Suzuki :

Related articles with Data AISI :

September 2017

August 2017

July 2017

June 2017

Related articles with Kawasaki :

Related articles with Otomotif :

Related articles with Sejarah Motor :

Related articles with Serba-serbi :

Related articles with Motorsports :

Sudi para Reader untuk mampir dan bersilaturahmi via :

a. Facebook = http://www.facebook.com/aji.dwi.wendy
b. Twitter = @wendy_itn94
c. Instagram = @dwi_wendy
d. Email = dwiwendy@gmail.com
e. Another Blog = https://dwiwendysblog.wordpress.com/
Advertisements

One thought on “Bukan mustahil Yamaha Nmax akan menjadi Maxi Scooter Matic Sejuta Umat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s